Monday, April 25, 2016

Fungsi Lubang Pernafasan Mesin Pada Motor

Selaku pemilik kendaaraan, sebagian dari kita kita mungkin sudah tahu atau sudah pernah melihat selang pernafasan mesin atau secara umum disebut ablas mesin. Tapi apakah kita juga sudah mengetahui fungsi sebenarnya dari selang tersebut. Orang kebanyakan hanya mengetahui kalau selang atau lubang pernafasan mesin itu hanya untuk pernafasan mesin saja. Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja fungsinya. Dan berikut beberapa fungsi ablas pada mesin dan apa yang terjadi jika ablas mesin tersebut tersumbat.
Pada motor jaman dahulu, selang pernafasan mesin kebanyakan dibiarkan saja keluar ke bawah untuk langsung dibuang di udara bebas. Namun jika kita lihat pada motor modern, kebanyakan selang tersebut sudah didesain masuk ke kotak atau box filter udara. Kita akan mulai membahas fungsinya dari sini.

Fungsi Lubang Pernafasan

  1. Sebagai  tempat bersirkulasinya udara didalam kalter mesin, seperti yang kita ketahui pada saat mesin hidup, piston didalam mesin akan bergerak naik turun antara Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB) yang menyebabkan terjadinya kevakuman udara didalam ruang kalter. Ketika piston naik udara akan tersedot masuk dan saat piston turun udara akan tertiup tertekan keluar. Adanya lubang pernafasan akan memperlancar gerak piston ini.
  2. Sebagai penyalur kompresi yang bocor, pada saat apa yakni pada saat seher berada di langkah kompresi bukan tidak mungkin ada udara yang telah bercampur bahan bakar melintas ke kalter yang melewati dinding silinder dan ring seher. Dan akan di keluarkan pada ketika seher bergerak turun dipompa ke kotak filter udara agar tidak mencemari lingkungan.
  3. Sebagai pendingin mesin maksudnya adalah sebagai media pembawa udara panas mesin untuk disalurkan keluar melalui lubang pernafasan tersebut. Udara dingin dari luar tersedot masuk ke dalam mesin dan menggantikan udara panas
  4. Sebagai penghangat udara. Udara panas yang dikeluarkan dari lubang pernafasan akan dimasukkan ke dalam di kotak filter udara untuk membantu pemanasan udara yang masuk dalam karburato. Ini akan membantu menghangatkan udara yang ada yang akan terhisap ke ruang bakar sehingga akan mempermudah proses pembakaran.

Akibat Kurang Sempurnanya Lubang Pernafasan

Kurang sempurnanya fungsi lubang pernafasan akan mengakibatkan gerak piston akan terhambat yang pasti akan berimbas ke tenaga mesin dan juga karena didalam ruang kalter ada tekanan udara, seal-seal yang ada dimesin pun bisa menjadi bocor karenanya.



Demikianlah pembahasan mengenai fungsi lubang pernafasan mesin pada motor. Semoga ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

 


No comments:

Post a Comment